6 Alasan Sederhana Untuk Mulai Bergaya Hidup Sehat


Untuk Anda yang mempunyai segudang aktivitas, tentu dibutuhkan energi yang cukup besar. Apalagi di jaman sekarang, mobilitas setiap orang sangat tinggi. Seperti Anda yang punya segudang aktivitas mulai dari sekolah, les, ekstrakulikuler atau bahkan nongkrong bersama teman-teman. Kalau Anda tidak memerhatikan kesehatan dan pola hidup, maka Anda akan dengan mudah terserang penyakit dan sakit-sakitan akibat tubuh yang kelelahan. Maka dari itu, mulai sekarang Anda harus bisa menjalani pola hidup sehat.

Ini beberapa alasan mengapa Anda harus bergaya hidup sehat sejak masih remaja. 

1. Energi yang maksimal

Memiliki banyak kegiatan memang melelahkan. Rasa lelah tersebut akan membuat Anda terlihat letih dan lesu dimana hal tersebut tidak akan enak untuk dilihat. Dengan memiliki pola hidup sehat, secara otomatis energi Anda akan melimpah. Jadi meskipun Anda memiliki segudang aktivitas, Anda tidak akan mudah merasa lelah karena Anda punya energi berlebih. 

 2. Menambah harapan hidup
 
Berdasarkan hasil survey yang diterbitkan Public Library of Science Medicine, dikatakan jika orang yang berolahraga teratur, tidak merokok, tidak mengonsumsi alkohol, dan mengonsumsi makanan bergizi mendapatkan harapan hidup tambahan selama 14 tahun. Jika Anda juga ingin mendapatkan harapan hidup selama itu, maka tidak ada alasan lagi untuk tidak memiliki pola hidup sehat mulai dari sekarang. 

3. Jauh dari penyakit

Penyakit bisa menyerang kapan saja. Apalagi untuk Anda yang tidak menjalani pola hidup sehat. Kesempatan untuk terserang berbagi macam penyakit akan semakin besar. Dengan bergaya hidup sehat, maka kesempatan terserang penyakit akan jauh berkurang. Mulai sekarang biasakan untuk berolahraga teratur, makan makanan sehat dan yang pasti selalu lakukan kegiatan positif dan bepikir positif. 

4. Memperbaiki penampilan

Siapa yang tidak mau mempunyai penampilan good looking? Semuan orang pasti mau bukan? Dengan menjalani pola hidup sehat, dipastikan penampilan Anda akan semakin baik dan menarik. Mengonsumsi makanan sehat yang kaya vitamin dapat menyehatkan kulit, rambut kuku hingga mata. Wajah pun akan bersinar, gesture tubuh menarik dan yang pasti akan membuat Anda merasa lebih pede dalam menjalani hidup.

5. Sehat secara mental

Berdasarkan hasil penelitian American Journal of Psychiatry, gaya hidup sehat dan asupan makanan bergizi membantu mencukupi kebutuhan dan nutrisi otak. Jika otak ternutrisi dengan baik, otak akan jadi lebih sehat dan Anda tidak mudah merasa depresi. Terlalu banyak pikiran dan tekanan di otak akan berpengaruh besar pada kesehatan dan daya tahan tubuh.
  
6. Hemat pengeluaran
 
Karena Anda sudah menjalani pola hidup sehat, maka risiko terserang penyakit akan berkurang. Jadi Anda tidak perlu mengeluarkan uang untuk biaya berobat. Ingat bahwa biaya berobat juga tidak murah. Uang/tabungan Anda bisa disimpan atau dipakai untuk pengeluaran lain yang lebih penting bukan?

Nah, itu tadi 6 alasan mengapa Anda harus bergaya hidup sehat sejak dini. Jika Anda sudah melakukannya dari sekarang, tentunya kebiasaan sehat ini akan terus berlanjut hingga Anda dewasa nanti.

Komentar

Postingan Populer