7 Tanaman Obat Maag Kronis Yang Bisa Anda Temukan di Dapur

Khasiat alam telah banyak membantu kita dalam berbagai pengobatan, salah satu nya dalam mengobati maag kronis, kandungan dari beberapa tanaman obat di bawah ini telah terbukti khasiatnya sejak zaman nenek moyang kita, berikut 7 tanaman obat sakit maag yang mungkin tersedia di dapur Anda.



1. Kunyit


Kunyit merupakan bahan atau rempah yang dapat Anda manfaatkan secara maksimal untuk dijadikan obat maag di level kronis. Untuk sakit perut, kunyit memang sudah terkenal dari dulu keampuhannya yang ternyata juga bisa dibuktikan pula dalam mengatasi sakit maag. Dalam penggunaannya, kunyit tak sulit untuk diramu sebagai solusi alami maag kronis.

Caranya: Kunyit yang sudah Anda siapkan bisa Anda kupas dan bersihkan lebih dulu sebelum Anda parut. Setelah memarutnya, Anda dapat memerasnya sampai airnya keluar. Air perasan dari kunyit yang sudah diparut itulah yang baik untuk Anda pakai untuk mengobati maag. Campur air perasan tersebut ke air hangat dan tambahkan juga sedikit madu sebagai perasanya; minumlah rutin hingga maag kronis Anda membaik.

2. Daun Jambu Biji


Untuk mengobati maag secara alami dengan ampuh, daun jambu biji juga sangat bisa diandalkan selain dapat menjadi obat diare. Karena mudah didapat, Anda bisa menggunakan daun jambu biji jauh lebih praktis.

Caranya: Anda bisa mengatasi maag kronis dengan menyediakan daun jambu biji beberapa lembar secukupnya dan bersihkan lebih dulu. Setelah itu rebus, yang kemudian air rebusan itu bisa diminum sehari 3 kali secara rutin. Mengonsumsinya serutin mungkin akan membantu Anda dalam menyembuhkan maag kronis (menahun) sekalipun.

3. Jahe


Meski dikatakan ada efek samping jahe yang mungkin tak baik untuk tubuh, selama pemakaiannya tepat dan pada kadar yang benar, jahe tak akan semembahayakan itu sahabat. Jahe akan mengatasi masalah maag kronis dengan kandungan anti bakteri dan anti inflamasinya. Bagi yang di lambungnya terkena infeksi, inflamasi dapat dikurangi dengan jahe.

Caranya: Jahe yang sudah diiris-iris bisa Anda masukkan ke secangkir air panas, yaitu sebanyak 1 sendok teh. Tutuplah untuk menyeduhnya selama 10 menit. Setelah itu saring dan tambahkan madu secukupnya. Minumlah sehari 2-3 kali sampai maag kamu berkondisi lebih baik. Atau, Anda bisa mencoba mengombinasikan ½ sendok makan jus jahe dan madu yang bisa diminum langsung tepat sebelum makan 2 kali secara rutin setiap harinya.

4. Biji Pala



Untuk penyembuhan penyakit maag, yang kita manfaatkan dari pala yaitu bijinya. Biji pala yang biasa untuk bumbu masak, ternyata bisa juga dijadikan obat sakit maag.

Caranya: Cukup ambil 1 gram serbuk biji pala ditambah 6 gram serbuk buah pisang batu kemudian seduh dengan 100 ml air mineral. Minumlah ramuan tersebut selama 30 hari.

5. Daun Salam 

Tanaman asli Indonesia ini bisa dimanfaatkan untuk mengatasi asam urat, stroke, kolesterol tinggi, maag dan lainnya.

Untuk mengobati sakit maag.
Caranya: Rebuslah 15-20 lembar daun salam dengan air sebanyak setengah liter hingga mendidih. Agar rasanya sedikit enak, tambahkan gula batu secukupnya. Minumlah rutin setiap hari sampai rasa perih dan mual di lambung mu hilang.

6. Temulawak

Bahan satu ini juga sudah terdengar di mana-mana akan manfaatnya yang besar sebagai obat maag. Untuk yang sudah di tahap kronis pun bisa disembuhkan dengan obat herbal ini asalkan mengonsumsi ramuannya secara rajin. Bahaya maag kronis akan dapat berkurang risikonya dengan bantuan temulawak dan zat-zat baik di dalamnya.

Caranya: Sediakan temulawak secukupnya, dan irislah secara tipis-tipis. Kemudian,rebus temulawak bersama dengan air putih sebanyak 8 gelas. Didihkan hingga airnya berkurang mencapai sekitar 3 gelas, barulah Anda angkat dan diamkan sampai dingin. Mengonsumsinya sehari 1 kali 1 gelas sudah cukup asalkan rutin sampai sembuh.

7. Labu Kuning

Bahan tradisional yang terakhir ini dapat Anda jadikan obat mujarab bagi kondisi lambung yang kurang sehat. Anda boleh mencoba juga bahan alami ini apabila memang Anda dapat dengan mudah memperolehnya.

Caranya: Sediakan labu kuning secukupnya, bersihkan lebih dulu sebelum diolah dan diramu menjadi obat. Lalu, setelah bersih labu kuning siap Anda rebus lebih dulu sampai benar-benar matang. Potong-potonglah setelahnya dan makanlah serutin mungkin hingga Anda tak lagi merasa kesakitan akibat maag kronis yang menyiksa.
Oh iya dari artikel saya sebelumnya telah disebutkan bahwa labu kuning ini merupakan salah satu makanan favorit dan sunnah Nabi Muhammad SAW, oleh sebab itu sangat dianjurkan untuk sahabat mengonsumsi makanan ini setiap harinya, demi menjaga kesehatan dan sunnah Nabi.

Motivasi Diri:
Sebenarnya maag merupakan penyakit yang diakibatkan oleh pola hidup yang kurang sehat. Sehingga ketika diobati dengan pengobatan apapun, namun pola hidupnya tidak diubah, maka sakit maag akan sulit disembuhkan. Jadi ubahlah pola hidup Anda dan jangan memakan makanan yang menyebabkan timbulnya rasa kambuh sakit maag.

Selamat mencoba dan semoga bermanfaat... emoticon-Smilie

Komentar

Postingan Populer